Uniknya Tradisi Valentine ala 5 Negara


 http://komunikan.com/wp-content/uploads/2011/02/a_sip_of_valentine_b.jpg

Merayakan Valentine dengan pasangan pasti terasa spesial. Jika bosan dengan cara yang itu-itu saja, Anda bisa mencontoh tradisi Valentine di 5 negara di dunia. Mungkin bisa menginspirasi perayaan Valentine yang istimewa.

Dari situs squidoo.com, yang dikunjungi detikTravel, Kamis (9/2/2012), ada tradisi unik yang dilakukan di 5 negara di dunia. Berikut adalah negara dan tradisinya yang bisa menjadi referensi Valentine Anda:

1. Cokelat Honmei, Jepang

 

Di Jepang, Valentine biasa dirayakan dengan pemberian cokelat oleh seorang perempuan kepada laki-laki. Eits, jika pernah mendapatkannya, Anda jang keburu senang dulu. Ini karena cokelat tidak hanya diberikan untuk orang terkasih saja, tetapi juga teman dan atasan. Biasanya, cokelat diberikan  bersamaan dengan hadiah. Ada dua jenis cokelat yang diberikan seorang perempuan Jepang kepada laki-laki, yaitu cokelat giri dan honmei.

Cokelat giri adalah cokelat yang hanya diberikan untuk teman laki-lakinya atau atasannya saja. Biasanya cokelat diberikan dalam sebuah kotak. Cokelat kedua adalah cokelat honmei. Cokelat honmei adalah jenis cokelat yang spesial karena hanya diberikan untuk laki-laki yang dianggap spesial. Biasanya, pemberian cokelat disertai dengan dasi, kemeja, atau barang lainnya. Kemudian pada tanggal 14 Maret, atau White Day, para laki-laki Jepang akan mengembalikan cokelat yang diberikan saat Valentine. Biasanya hadiah yang diberikan berupa cokelat putih atau marshmallow yang disertai dengan bunga atau perhiasan. So sweet!

2. Kartu cinta dan gaekkebrev, Denmark

 

Tradisi Valentine yang paling terkenal di Denmark adalah pemberian kartu cinta romantis kepada pasangan. Kartu yang diberikan telah ditulis dengan pesan-pesan cinta dan dihias penuh warna. Bahkan uniknya lagi, dari kartu ucapan tersebut ada yang diramaikan dengan alunan musik. Kreativitas yang tinggi memang sangat diperlukan untuk membuat kartu cinta romantis ini.

Tradisi pemberian kartu cinta ini sudah lama dilakukan. Biasanya kartu diberikan oleh seorang laki-laki kepada perempuan terkasihnya. Ia akan datang menemui sang pujaan hati dan memberikan kartu cinta Valentinenya. Pemberian kartu semakin romantis dengan adanya bunga snowdrop putih. Adalagi tradisi unik di Denmark saat Valentine, yaitu gaekkebrev. Ini adalah tradisi pemberian puisi romantis dari seorang laki-laki kepada wanita yang disukainya. Tetapi, puisi yang diberikan tidak disertai nama pengirim, jadi si pujaan hati harus menebak. Jika gagal, ia akan menerima telur paskah.

3. Festival Cinta, Israel

 

Meskipun Israel terkenal sebagai negara yang sering berperang, ternyata negara ini tidak pernah luput merayakan hari kasih sayang. Bahkan, saat hari kasih sayang tiba, dirayakan dengan membuat Festival Cinta dan dijadikan libur nasional. Wow!

Ada dua hari kasih sayang di Israel, yaitu pada 14 Februari dan akhir Agustus. Pada saat Valentine tiba, perayaan dilakukan seperti biasa, yaitu dengan pemberian bunga, boneka beruang, cokelat, kartu ucapan, atau hadiah romantis lainnya. Biasanya, ini dilakukan seorang laki-laki kepada perempuan pujaan hatinya. Berbeda dengan Valentine, saat akhir Agustus hari kasih sayang dirayakan dengan melamar sang pujaan hati. Tradisi ini bersamaan dengan festival cinta yang dinaman Tu B'Av. Festival Cinta di Israel telah diresmikan sebagai hari libur. Saat malam tiba, berbagai festival menari dan menyanyi diadakan untuk memeriahkan Tu B'Av.

4. Dia de San Valentin, Meksiko

 

Hari Valentine di Meksiko disebut dengan Dia de San Valentin. Tradisi yang dilakukan sama seperti yang dilakukan di negara-negara Amerika. Mereka akan saling bertukar kado dan mengucapkan rasa sayang kepada pasangan masing-masing. Biasanya kado yang diberikan disertai dengan cokelat, bunga, kartu ucapan, dan balon-balon yang dijual hampir di setiap toko. Lucunya, balon-balon tersebut telah dituliskan dengan kata-kata aku cinta kamu (Te Amo) atau untuk cinta (Para Mi Amor).

Orang Meksiko memang terkenal dengan keromantisannya. Ini bisa dilihat dari cara mereka menunjukkan rasa kasih sayang kepada sang kekasih saat Valentine tiba. Para lelaki Meksiko akan datang ke rumah pacar mereka pada malam hari, kemudian menyanyikan lagu-lagu romantis yang diiringi oleh band kecil khas Meksiko. Lelaki ini akan menyanyikan 2-3 lagu romantis sambil duduk berdiri di bawah jendela. Perayaan Valentine ini akan diakhiri dengan pergi makan malam bersama di restoran. Romantis sekali bukan?

5. Berdoa di kuil saat Valentine, China


http://i1052.photobucket.com/albums/s442/laksana2/valetinedichina.jpg

Saat Valentine tiba, biasanya pasang muda di China akan mengunjungi kuil untuk berdoa. Mereka adan membakar dupa dan membawa buah-buahan untuk persembahan. Setelah itu, masing-masing akan berdoa agar diberikan jodoh yang panjang hingga menikah. Tradisi ini tidak hanya dilakukan oleh para muda-mudi yang berpasangan, tetapi juga oleh mereka yang masih single. Mereka akan berdoa akan diberikan jodoh dan keberuntungan dalam percintaan.

Untuk anak perempuan, mereka akan berdoa agar diberi kepandaian dalam hal keterampilan tangan dan mengurus rumah. Ini berguna untuk bekal menikah nanti. Untuk mengetahui apakah para gadis ini telah siap menikah atau belum, mereka akan mengambil jarum tenun dan mencoba mengapungkannya di atas air. Jika telah berhasil membuatnya mengapung, berarti mereka telah pandai dan siap menikah.


 sumber : http://detik.travel/read/2012/02/09/111655/1838159/1025/uniknya-tradisi-valentine-ala-5-negara



Category Article

What's on Your Mind...